10 Jenis Pempek Khas Palembang Yang Wajib Kamu Tau

Jenis Pempek Khas Palembang


10 Jenis Pempek Khas Palembang Yang Wajib Kamu Tau - Pempek adalah makan khas sumatera selatan, tepatnya berasala dari kota palembang, makan ini menjadi makan primadona yang paling banyak di cari saat melancong ke kota palembang.

Pertumbuhan bisnis kuliner khususnya untuk kudapan ini tergolong sangat cepat. Saat ini ada beberapa merek pempek yang laris dan terkenal di indonesia.

pempek umunya terbuat dari ikan dapung kanji. serta beberapa campuran bahan-bahan lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa dan garam.

Saat ini ada 10 jenis pempek yang tersedia, berikut ini daftar dan penjelasannya masing masing :

Pempek Telur Besar / Kapal Selam

Mengapa salah satu jenis pempek ini disebut kapal selam?  Pempek kapal selam merupakan jenis dari pempek yang mirip dengan kantung, dengan isian berupa telur di dalamnya. Pempek kapal selam adalah nama sebutan yang baru digunakan .Dahulu masyarakat Palembang menyebutnya dengan pempek telok besak.

Pempek Kulit

Pempek kulit dibuat dengan menggunakan bahan dasar yang paling berbeda dari jenis pempek Palembang yang ada. Dari namanya saja sudah bisa di terka bahwa bahan dasar yang di gunakan adalah kulit ikan. Kulit yang digunakan bisa berasal dari kulit ikan belida atau ikan tenggiri.

Akan tetapi karena kulit ikan tersebut baunya yang amis dan juga berwarna hitam, maka dalam perkembangannya beberapa orang menggantinya dengan daging perut ikan sebagai bahan dasar utama pempek yang satu ini. Daging perut ikan memiliki bau yang lebih tidak amis dan berwarna merah. Sehingga pempek yang dihasilkan juga berwarna lebih terang dan lebih wangi.

Pempek Telur Kecil

Pempek telor kecil merupakan salah satu tipe pempek yang mempunyai penggemar sangat banyak. Bagi sebagian orang, pempek telor mempunyai wujud yang indah serta menggugah selera. Semacam namanya, pempek yang satu ini mempunyai isi telor yang dikocok, serta wujudnya menyamai pempek kapal selam, tetapi dengan dimensi yang lebih kecil. Umumnya perbandingan ukurannya merupakan 1 banding 4 ataupun 1 banding 5 dengan kapal selam.

Dalam membuat telor kecil, kita membutuhkan tangan yang cekatan serta tidak kaku. Tidak hanya tangan yang cekatan, pula dibutuhkan insting yang baik. Sebab pempek yang satu ini sangat gampang rusak dalam pembuatannya. Tetapi jangan kuatir, terus menjadi lama tentu hendak terbiasa serta terus menjadi cekatan

Pempek Pistel

Santapan berbahan ikan dicampur tepung sagu ini lumayan uik dengan isi pepaya muda , untuk penyukanya hendak terus ketagihan , ayo buat sendiri saja dari pada beli wajib keluar duit banyak pula sangat tidak sering ditemui .

Pelu dikenal empek - empek telah menyebar bak virus ke perbagai belahan sudut indonesia , siapa yang gak tahu dengan namaya pempek palembang , dari restoran besar hingga kedai kecil serta penjual keliling sudha banyang berkeliaran menjualnya , serta nyaris seluruh mengklaim kalau buatannya merupakan pempek palembang asli

Pempek Lenggang

Pempek lenggang ialah alterasi dari pempek tunu alias pempek panggang. Sekilas wujudnya semacam telor dadar, ataupun martabak. Tetapi, beda. Pula bukan pempek kapal selam yang isi telor. Ini pempek dicampur dengan adonan telor. Tidak seluruh toko pempek di Palembang membuat pempek tipe ini. Di Palembang sendiri tidak banyak yang sedia. Di Pempek Lince ini ada serta dapat dikirim ke bermacam kota di Indonesia. Terdapat 2 tipe, ialah lenggang bakar serta lenggang goreng 

Pempek Lenjer

Pempek lenjer merupakan salah satu tipe ataupun macam dari pempek yang populer khas dari Kota Palembang serta Sumatera Selatan pada biasanya. Metode membuat empek- empek lenjer tidak berbeda jauh dengan pembuatan pempek palembang yang lain, cuma wujudnya yang bundar panjang membedakan dari aneka pempek yang lain. 

Pempek adaan

Pempek adaan ataupun pula lebih diketahui dengan istilah pempek bundar ialah salah satu pempek kesukaan banyak orang. Walaupun wujudnya mirip semacam bakso ikan, pempek adaan mempunyai tekstur yang lebih agresif serta kenyal. Tidak hanya itu, adonan pempek adaan yang memakai santan kental yang menjadikan pempek ini terasa lebih gurih.

Supaya lebih nikmat, adonan pempek adaan umumnya pula dicampurkan dengan potongan daun bawang. 

Selanjutnya ada 3 jenis mempek lagi yaitu :

  • Pempek Tahu
  • Pempek Panggang
  • Pempek Keriting / Kerupuk

Comments

  1. Wahh menarik jugak makanan belah sana yek..

    ReplyDelete
  2. Paling suka kapal selam, karena enak ada sensasi telor nyaa

    ReplyDelete
  3. Menarik, klau pergi..mesti cuba

    ReplyDelete
  4. SELAMAT HARI RAYA!! best entry ini.. done follow u, follow me back.. tq
    http://acuyuhan.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. wah macam macam jenis rupanya..baru tahu

    ReplyDelete

Post a Comment